SELAMAT DATANG DI MANDALA SERVICE BALONG PONOROGO,SERVICE ELEKTRONIK TV-DVD-AUDIO & VEDEO SEGALA MACAM PERANGKAT ELEKTRONIK RUMAH TANGGA ANDA,SERVICE CALL UNTUK AREA BALONG DAN SEKITARNYA

Kamis, 24 September 2015

bad sector harddisk

Bad sector pada harddisk menjadi sesuatu yang ditakutkan pengguna komputer, namun jika Anda tahu penyebab bad sector harddisk dan cara cek bad sector harddisk tersebut benar-benar bad sector atau ada masalah teknis lain pada harddisk anda mungkin tidak perlu khawatir akan hal ini, karena anda bisa meminimalisir terjadinya bad sector HDD sehingga pencegahan sejak dini sudah dilakukan.
 Mungkin jika terjadi pada saat mengoperasikan komputer seperti ; Beberapa file datadi harddisk hilang, tidak dapat dibaca atau rusak dan tidak dapat untuk mengakses file dan folder tertentu. Ini mungkin merupakan penyebab masalah bad sector. Pengertian Sektor sendiri ialah ruangan penyimpanan pada hard disk. Dan sektor buruk adalah sektor pada disk dimana data tidak dapat ditulis atau dibaca karena kerusakan fisik atau inkonsistensi paritas dalam pemeriksaan bit pada disk. Setiap data yang ditulis atau disimpan pada area yang mungkin hilang atau rusak. Data yang berada pada bagian sektor disk yang lain mungkin tidak terpengaruh dan disk masih dapat digunakan jika bad sectornya sedikit, namun jika masalahnya sudah banyak maka siap-siap untuk mengganti dengan Harddisk yang baru.

penyebap bad sector pada hardisk

  1. Tegangan listrik yang tidak stabil, dengan daya listrik yang menurun secara tiba-tiba saat hardisk melakukan proses baca dan tulis, sehingga head akan terhenti mendadak dan bekerja mendadak saat daya listrik naik lagi secara tiba-tiba, dimana head dapat menggesek piringan hardisk pada komputer
  2. Melemahnya magnetik dari piringan hardisk dan kesalahan mekanis. Kemungkinan, daerah magnetik disk kehilangan magnet dan karenanya ketidakmampuan untuk menyimpan data.
  3. Akibat dari guncangan atau getaran, dimana saat anda mengoperasikan komputer, dan saat hardisk sedang melakukan proses baca dan tulis, bila terjadi goncangan atau getaran, dapat menyebabkan head akan menggesek piringan dari hardisk sehingga menyebabkan goresan pada piringan, sehingga terjadi bad sector pada harddisk
  4. Salah satu penyebab bad sector pada HDD disebabkan dari susunan file pada hardisk tidak teratur, sehingga head tidak teratur dalam membaca urutan file yang dibutuhkan sebuah aplikasi, yang lama-kelamaan head dapat menggesek plater dari hardisk dan mengakibatkan bad sector pada hardisk.             
    • Silahkan buka windows explorer, lalu klik kanan partisi hardisk anda, semisal; drive C, D atau E yang ingin anda periksa.
    • Kemudian Klik Properties, Lalu klik tombol Tools. seperti pada gambar dibawah ini

            sumber dr ilmuonline

Tidak ada komentar:

Posting Komentar